Thursday, November 20, 2008

Jikunsprain Lebih Bagus dari /rif


rif memang udah lama “mati suri”. Sejak merilis album Pil Malu tahun 2006 lalu, band asal Bandung ini nggak pernah kedengeran lagi kabarnya

Tapi Jikun sang gitaris sama sekali nggak khawatir. Malah dia menganggap bahwa ini adalah kesempatan baginya untuk bersolo karier. Atau lebih tepatnya proyek narsis. Karena bukan cuma memasang namanya sebagai nama band (Jikunsprain), pria bernama asli Adjie Pamungkas ini juga bilang bahwa musik band barunya ini lebih bagus dari /rif. Waduh!

Gimana ceritanya sampai kepikiran bikin proyek solo?
Ceritanya sejak April 2007 kan gue udah nggak megang /rif lagi. Gue pikir kayaknya udah harus bikin album solo nih. Itu emang udah niat dari dulu. Sesuatu yang udah lama tertangguhkan.

Memang /rif sendiri sekarang kabarnya gimana?
/rif tuh gini… Kan udah bertahun-tahun gue megang manajemen /rif. Tapi tahun 2007 karena ada masalah intern akhirnya gue harus mengalah untuk nggak lagi ngurus /rif. Daripada diterusin terus nantinya malah bermasalah. Akhirnya gue ambil wawasan yang udah gue dapet tentang band, manajemen, dan the whole thing about a band yang gue tahu, terus gue tumpahin aja di band ini. Tapi /rif masih jalan kok. Ibaratnya /rif itu kapal pesiar yang udah tau arahnya mau ke mana, sedangkan Jikunsprain itu kayak sekoci yang baru jalan. Jadi kalo /rif lebih ke arah komersil, ini tuh proyek idealisnyalah. Sementara ini gue konsentrasinya lebih ke Jikunsprain. Kalo /rif sih tinggal tunggu telepon aja. Ada job ya gue jalanin juga.

Siapa aja yang bantuin lo di Jikunsprain?
Yang main bas ada Oktaf, staf pengajar di Chics Music. Di drum ada Andre Ciling, ex-Flowers dan Bunglon. Sebetulnya kan gue bikin lagu buat Jikunsprain tuh untuk apresiasi instrumen, terutama gitar. Tapi begitu gue ajuin ke label, mereka bilang gue harus bikin satu lagu balada buat dijual. Kebetulan banget besoknya ketemu Pongky Jikustik di toko kaset. Ngobrol-ngobrol, akhirnya dia mau bantu bikin sekaligus nyanyiin satu lagu balada, judulnya Untuk Dirimu.

Gambarin dong, kayak apa sih musik Jikunsprain?
Gue sebenernya nggak tau musik Jikunsprain itu digolongkan sebagai apa. Banyak yang bilang ini tuh musiknya progresif, tapi gue pikir kayaknya nggak juga deh. Kalo progresif kan terlalu ribet ya, mungkin karena drummernya agak jazz jadi kedengarannya ada unsur progresif. Tapi dari kitanya sih basic-nya rock, dan gitar gue rhythm-nya lebih banyak ke blues.

Kabarnya gerilya sendiri ya buat ngerilis album ini?
Iya, sebagai orang Sony tentunya pertama-tama gue ngasih materi album ini ke Sony. Tapi entah gimana, karena alasan finansial, di bulan Maret itu Sony memutuskan untuk nggak ngerilis album baru lagi tahun ini. Akhirnya gue rilis sendiri, jadinya independen.

Sempat juga sih ketemu sama beberapa major dan indie label termasuk Fast Forward, Aksara, Blackmorse, dan sebagainya. Tapi mereka semua udah punya kalender sampai akhir 2008. Akhirnya semua gue kerjain sendiri dari mulai penggandaan, nyetak cover, bikin kaos, bikin goodie bag, bikin flyers, nitip jual di toko-toko kaset dan distro, semua gerilya sendiri.

Gue sempat ketemu temen waktu lagi mau jualan CD di sebuah toko musik di Plasa Semanggi. Pas dia tanya, gue bilang gue lagi jualan CD. Eh, dia malah heran, “Kok jualan sendiri sih? Ngapain?”

Menurut gue harusnya sih nggak ada batasan-batasan, meskipun lo artis major label, kalo perlu jualan sendiri ya jalanin aja. Apapun target lo, usahalah sampai semua tercapai. Gue percaya kalo kita mau usaha gerilya sendiri, pasti akan ada jalan kok.

Lebih enjoy main sama /rif atau Jikunsprain?
Saat ini yang lagi jadi prioritas gue ya Jikunsprain. Gue lagi menikmati banget main di Jikunsprain. Bukan berarti di /rif nggak enjoy ya, tapi kalo di /rif kan udah ketebaklah. Gue udah tau gimana-gimananya.Di Posting dari

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Atas Kunjungannya.